Friday, November 20, 2015

Scone

Masih akibat kebanyakan nonton acara masak memasak, kali ini saya ngeces banget liat acara yang bikin scone. Dulu banget pernah bikin, tapi gagal total, se-gagal gagalnya, karena ternyata scone kudu, mutlak, harus banget pake butter. Kalo diganti margarin  yang less lemak, jadinya berminyak bgt, dan lengket, gak bakal jadi 'dough' yang bisa dibentuk. 

Nah, kali ini, alhamdulillah banget akhirnya jadi juga scone saya. Yeayyyy. Setelah browsing sana sini, saya kepincut sama caranya mbak Endang JTT jelasin step by step pembuatannya. Dan fakta bahwa mbak Endang juga pernah gagal bikin scone, bikin saya lebih termotivasi buat nyoba lagi.

Scone ini originally berasal dari UK, dan masuk dalam kategori quick bread. Scone memiliki tekstur yang agak garing di luar seperti cookies, tapi chewable di dalamnya, dan moist, seperti cake, karena banyaknya kandungan butter dan susu yang dipakai untuk adonan. 

Percaya deh. Makan satu slice Scone di pagi hari sebelum beraktifitas, udah kenyang banget. Gak perlu nambah sebungkus nasi uduk lagi. Hihihi. 


Resep :

- 260 gr tepung terigu serbaguna atau rendah protein. 
- 50 gr gula pasir.
- 1 1/2 sdt baking powder.
- 1/4 sdt garam.
- 113 gr mentega dingin dan beku, potong kotak kotak.
- 90 gr chocolate chips.
- 1/4 sdt vanilla bubuk.
- 160-180 ml buttermilk (saya pakai 180 ml susu UHT plain + 1 sdm air jeruk nipis yang didiamkan selama kurleb 10 menit, hingga susu mengental) 

Olesan :
- Susu UHT plain. 

Cara membuat :

1. Panaskan oven di suhu 200 derajat celcius. Siapkan loyang datar untuk memanggang biskuit, alasi dengan kertas baking/ kertas minyak, sisihkan.
2. Siapkan wadah besar, masukkan semua bahan kering (terigu, gula pasir, garam, dan baking powder). Aduk rata dengan spatula hingga menyatu.
3. Masukkan potongan mentega dingin. Lalu dengan menggunakan garpu, cacah mentega hingga menjadi seukuran jagung dan tertutup tepung.
4. Aduk adonan dengan spatula, hingga mentega tersebar dengan baik. 
5. Masukkan choco chips dan aduk dengan rata. 
6. Masukkan buttermilk sedikit demi sedikit supaya buttermilk terserap dengan baik, lalu lanjutkan hingga terbentuk adonan kasar dan menyatu. Aduk dengan ringan dan jangan berlebihan menggunakan tangan.
7. Jika telah terbentuk adonan kasar yang lembab dan menyatu, letakkan adonan di atas alas anti lengket, lalu uleni adonan beberapa kali hingga benar benar menyatu. 
8. Bulatkan adonan, gilas hingga memiliki ketebalan kurleb 2.5 cm dan diameter 18 cm.
9. Bagi adonan menjadi 2 bagian, kemudian bagi 2 kembali masing masing bagian, maka akan didapatkan 8 segitiga seperti bagian2 pizza.
10. Tata potongan adonan di atas loyang,  lalu sapukan susu cair di atasnya.
11. Panggang selama 15-20 menit hingga bagian atas adonan kecoklatan. Lakukan tes tusuk untuk mengetahui kematangan Scone.
12. Jika sudah tidak ada adonan yang menempel pada tes tusuk, angkat dan sajikan.




No comments: