Thursday, November 5, 2015

Bolu Gulung Ekonomis

Setelah 2x pernah coba bikin bolu gulung tahun lalu dan keduanya gagal total 😆, motivasi saya muncul lagi waktu liat japanese roll yang lucu2, dihias pakai pattern jerapah, love2, sampe ke pola minion juga ada. 

Pengen banget bisa bikin japanese roll yang unyu2 gitu. Tapi, bagaimana mungkin, membaca saja aku sulit #eh. Gimana mungkin bisa bikin pattern unyu2, kalo bikin bolgul aja masih patah patah. Hahahaha.

Resep yang bikin saya bangga bukan kepalang ini saya dapetin dari blognya Mbak Nina. Bahan bahannya bisa dibeli di warung, bikinnya gampang, hasilnya bikin saya girang banget, karena kali ini berhasil!!!  Yeayyy. Alhamdulillah. 


Bahan :
6 butir telur utuh 
90 gr gula kastor
1 sdm SP
70 gr tepung terigu protein rendah
10 gr maizena
10 gr susu bubuk full cream
1 sdt essens vanilla 
125 gr margarine. Lelehkan dan biarkan dalam suhu kamar


Cara membuat :

1. Siapkan dua buah loyang ukuran 22x22x4. Olesi dasar loyang dengan margarine, alasi kertas roti, lalu olesi kertas roti dengan margarine. Sisihkan. 
2. Ayak tepung terigu, susu bubuk dan maizena. 
3. Campur semua bahan menjadi satu kecuali mentega cair. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan putih. Kalau saya, indikasi sudah dapat dihentikan pengocokan adalah ketika sudah terbentuk adonan berbentuk jambul petruk di mixer, dan tidak jatuh lagi ke bawah. 
4. Masukkan mentega cair, aduk balik dengan menggunakan spatula hingga tercampur rata dan tidak ada mentega yang tertinggal di dasar wadah.
5. Tuang dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang pada suhu 190-200 derajat celcius, hingga bagian atasnya kecoklatan dan cukup kering ketika disentuh. 
6. Keluarkan dari loyang. Balikkan ke atas kertas roti, lalu balikkan lagi ke atas rak pendingin. Dinginkan. 
7. Setelah cukup dingin, balik lagi bolu ke atas kertas roti yang lebih besar ukurannya dari bolu. Beri isian selai strawberry. 
8. Gulung dengan cara tekuk sedikit bagian paling atas bolu, tarik kertas roti dengan cara menarik bagian paling atas kertas (bolunya diam) jalankan kertas roti hingga bolu tergulung sempurna. Ikat ujung kanan dan kiri kertas roti untuk menjaga bolu tetap tergulung sempurna. 
9. Diamkan beberapa saat. Buka ikatannya, potong-potong bolu gulung. Sajikan. 




No comments: