Friday, November 13, 2015

Brioche

Salah satu momen favorit saya sejak tinggal di rumah, adalah waktu menonton tv. 

Selain film drama yang gak bikin mikir, acara tivi favorit pastinya adalah acara masak memasak. Either yang beneran ngajarin masak, kompetisi masak, atau kulineran. 

Akhir akhir ini, sering banget nonton Bake with Anna Olson, dari malem sampe ke re-runnya yang di pagi hari. She really make baking seems effortless. Even bikin macaron aja kaya lagi bikin pisang goreng *errrrr...kayanya ga tepat ya perumpamaannya*

Nah, salah satu resep yang bikin saya jadi pengen banget bikin, adalah Brioche.

Menurut wikipedia, Brioche adalah sejenis roti yang berasal dari Prancis, dengan kandungan mentega dan telur yang lebih tinggi, sehingga menghasilkan remah roti yang kaya dan lembut. 

Nah, untuk pembuatan Brioche kali ini, saya 100% mengikuti resep dari Anna Olson. Dan uniknya, meskipun sejenis roti, Brioche ini menggunakan tepung terigu protein sedang/ serbaguna dalam pembuatannya. Tidak seperti roti biasa yang selalu menggunakan tepung terigu protein tinggi untuk menghasilkan tekstur roti yang baik. 



Resep Brioche (Resep aslinya dari Anna Olson di Food Network) 

Bahan-bahan: 
59 ml + 2 sdm susu UHT plain, sedikit diatas suhu tubuh. 
2 sdm + 210 gr terigu serbaguna
1 sdm ragi ( saya pakai fermipan )
2 sdm gula halus, ayak
2 butir telur
1/4 sdt garam
90 gr unsalted butter
1 kuning telur + 2 tetes susu uht plain ( untuk olesan)

Isian : 

100 gr Chocolate chip

Cara Membuat :
1. Campur 59 ml susu, 2 sdm terigu, dan ragi. Aduk hingga menyatu. Diamkan 5 menit. 
2. Masukkan sisa susu dan terigu, tambahkan gula, telur, dan garam. Kocok menggunakan mixer roti hingga menyatu dan tidak ada bahan yang terpisah lagi (kurleb 3-5 menit). 
3. Tambahkan mentega sedikit demi sedikit sambil terus dikocok, hingga kalis. Lanjutkan menguleni dengan tangan hingga adonan benar2 halus dan tidak lengket di tangan. 
4. Pindahkan adonan ke dalam wadah yang sudah diolesi minyak, tutup dengan plastic wrap, diamkan 30 menit hingga mengembang, lalu masukkan ke kulkas. Diamkan semalaman. 
5. Panaskan oven 175 derajat celcius. 
6. Keluarkan adonan dari kulkas. 
7. Bentuk adonan bulat bulat kecil, pipihkan, masukkan chocolate chip sebanyak yang kamu suka, bulatkan kembali, lalu masukkan ke cetakan muffin yang sudah dialasi oleh papercup. 
8. Diamkan selama 90 menit hingga mengembang 2x lipat. 
9. Olesi bagian atas brioche dengan campuran kuning telur+2 tetes susu uht plain. 
10. Panggang selama 15 menit hingga bagian atasnya kecoklatan. 


Gimana, beda kan teksturnya? Lebih rich yah. O ya, menurut saya, brioche ini better dikonsumsi pada hari yang sama. Atau kalau mau dikonsumsi pada hari berikutnya, disimpan dulu di wadah kedap udara. 

Happy Baking! 


No comments: