Wednesday, June 1, 2016

Macaroni Schotel

Pasti udah pada kenal dong sama makanan satu ini?

Makanan jaman peninggalan Belanda ini emang endesss banget, bisa jadi teman ngemil atau jadi makanan utama.

Honestly, saya lebih suka sama Macaroni Schotel daripada Mac and Cheese, karena lebih padat, dan menurut saya lebih mengenyangkan.

Lagi lagi, ini adalah salah satu comfort food di keluarga saya. Over the years, Macaroni Schotel ini selalu hadir di acara keluarga besar, atau di rumah sebagai kudapan sehari2.

 

Resepnya dapat dari mamah, sepertinya originally dari Embah saya.

Bahan-bahan :

- 200 gr Macaroni.
- 250 ml susu UHT plain.
- 5 butir telur utuh, kocok lepas.
- 200 gr corned beef.
- 100 gr keju parut.
- Garam, lada, biji pala halus secukupnya.

 

Cara Membuat :

1. Rebus Macaroni hingga al dente, yaitu ketika Macaroni memiliki kekerasan yang pas, bertekstur bagus, tapi tidak lembek. Caranya, masukkan Macaroni pada saat air benar2 mendidih, sambil terus diaduk.
2. Tiriskan Macaroni.
3. Campur semua bahan di dalam satu wadah besar, aduk hingga menyatu (disini saya juga menambahkan brokoli)
4. Tuang ke dalam pinggan tahan panas.
5. Berikan keju parut di atasnya bila suka.
6. Panggang selama kurleb 60 menit pada suhu 175 derajat Celcius.

 

No comments: